Minggu, 22 November 2009

GLOBAL BEAUTY

The saying “Beauty is in the eye of the beholder” emang bener banget. Apa yang dianggap cantik oleh satu orang belum tentu apa yang dianggap cantik orang lain. And what is considered beautiful berubah sesuai berjalannya waktu. These parts of the world punya persepsi sendiri tentang apa yang termasuk dalam kategori beautiful. And the extreme things girls do to beautify themselves. Let’s travel.


China
Makin Kecil Makin Cantik

Dari umur 5 tahun, kaki anak perempuan di negeri Tirai Bambu ini sudah dibebat sedemikian rupa hingga akhirnya kaki mereka jadi kecil gara-gara tulangnya pada patah. Kenapa giti??? Soalnya ada anggapan yang bilang kalau makin kecil kaki maka makin tinggi derajat, serta makin cantik seseorang. Anggapan itu muncul sekitar 1.000 tahun yang lalu.
Demi dibilang cantik, cewek-cewek ini rela menahan sakit yang bikin mereka jadi susah jalan. And guess what??! Cara jalan kaya gini justru dibilang seksi banget. Makanya cewek-cewek ini asyik-asyik aja. Hmm…sekarang s\sih tradisi ini sudah ga dilakukan lagi, soalnya budaya dan cara pandangnya makin jauh. Tapi masih ada beberapa orang yang masih menjalan kan tradisi ini.


Suku Dayak, Kalimantan
Makin Panjang Makin Cantik

Kalau yang ini outstanding banget, loh. Kaum perempuan suku dayak yang terletak di Kalimantan ini punya tradisi yaitu pemasangan (penggantunggan) manik-manik di telinga mereka. Makin panjang telinga, makin sedap dipandanglah mereka. Tiap tahun, manic-maniknya tuh bertambah sesuai umur mereka, jadi semakin tua semakin banyak antingnya dan bikin daun telinga mereka makin memanjang.
Sekarang tradisi ini sudah ga berlaku, malah banyak perempuan dayak yang akhirnya memotong daun telinga yang memanjang itu karena malu. Selain menajangkan telinga, mereka juga memasang gigi emas serta menatto ditubuhnya dengan gambar-gambar khusus untuk mempercantik diri.


Suku Paudang, Thailand
Si Leher Panjang

Ekstrim nih, Guys! Sejak umur 5 tahun cewek-cewek disana lehernya dipasangi sama gelang tembaga yang melingkar berlapis-lapis. Setiap tahun, gelangnya ditambahin. Tujuannya? Biar leher menjadi jenjang. Karena buat mereka leher jenjang itu seksi abis! Selain itu bagi mereka gelang-gelang tembaga ini juga menunjukkan status dan tanda keeleganan buat mereka.
Sebenarnya sih, bukan lehernya yang makin panjang, tapi karena berat gelangnya meremukan tulang pundak hingga menyebabkan pundaknya turun dan membuat leher kelihatan jenjang. Ouch!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar