Senin, 28 Desember 2009

HAPPY BIRTHDAY….!

Nyanyi bareng, tiup lilin bareng…
Wah,,kue ulang tahun penuh dengan sejarah!


Apa yang bakal kita temukan dalam sebuah pesta ulang tahun? The birthday boy/girl, para tamu, kado, dekorasi yang meriah, makanan enak, dan….tentu saja birthday cake! Nyam..nyam…kue tart jelas nggak boleh ketinggalan donk!

BIRTHDAY CAKE ZAMAN ‘PURBA’
Beberapa ahli sejarah percaya bahwa tradisi birthday cake sudah ada sejak zaman Yunani Kuno! Wah…tua juga ya umur kue yang satu ini. Bedanya, bukannya terbuat dari sponge cake berlapis krim dan icing, kue dizaman purba ini bentuknya masih sederhana banget yaitu Cuma berupa kue atau roti madu berbentuk bundar. Uniknya, birthday cake ini awalnya dibuat bukan untuk merayakan ulang tahun, tapi buat ritual keagamaan. Ceritanya, bangsa Yunani Kuno bikin kue bundar ini sebagai simbolisasi bulan purnama untuk kemudian dipersembahkan kepada Dewi Artemis, sang Dewi Bulan. Sebagai tambahan, mereka juga menaruh lilin diatas kue tersebut, biar terlihat seperti bulan yang bersinar!
Sementara itu, ada juga pendapat lain yang bilang kalau birthday cake baru lahir di Jerman saat abad pertengahan (middle ages). Bentuknya juga belum sesophisticated kayak sekarang. Dulu, kue ultah versi mereka Cuma terbuat dari adonan roti manis yang bentuknya seperti bayi yesus. Lho, kok bisa? Ternyata, awalnya warga Jerman memang membuat birthday cake ini buat memperingati hari ulang tahun Yesus. Tapi lama-kelamaan, birthday cake ala Jerman ini, mulai disuguhkan pada acara ulang tahun anak-anak.

TIUP LILINNYA!
“Happy birthday to you…. happy birthday to you…. happy birthday, happy birthday, happy birthday to you…”phffft…!!
Biasanya setelah lagu ‘kebangsaan’ ulang tahun ini dinyanyikan, the birthday girl akan make a wish lalu meniup lilin-lilin yang dipasang diatas kue tart tersebut. Eh, tapi meiup kue ultah ini, ternyata ada aturannya juga lho! Katanya, kalau pengen keinginan kita bisa terkabul, yang berulang tahun mesti bisa meniup semua nyala lilin tersebut dalam satu tarikan napas! Dan ternyata ada kepercayaan kuno yang menyebutkan bahwa asap yang berasal dari tiupan lilin tersebut, membawa tugas ‘mulia’ buat menyampaikan birthday wishes kita kepada para dewa.
Tapi, tradisi lilin ini, ternyata juga bisa jadi problem tersendiri buat orang-orang yang sudah tua. Soalnya jumlah lilim yang dipajang setara dengan jumlah umur kita kan? Nah…kebayang dong, ksihan kan kakek nenek kita kalau mesti meniup 60 batang lilin dalam satu tarikan napas!
Makanya sekarang mulai banyak kue ulang tahun yang memasang lilin berbentuk angka. Jadi, lebih praktis dan mengurangi risiko kebakaran nih! Hehehe..


KUE TART DI BANYAK TEMPAT
Ada pepatah yang bilang, “lain lading lain belalang”. Nah, begitu juga dengan keunikan tradisi kue tart yang ada dibeberapa Negara. Yuk, kita intip variasi birthday cake yang unik-unik ini!

INGGRIS
Dinegeri Shakespeare ini, kue ulang tahun juga berfungsi ganda sebagai sarana fortune telling! Sejak abad pertengahan, di Inggris sudah ada tradisi memasukkan benda-benda simbolis ke dalam adonan kue. Wah, kalu kita makan kue ulang tahun di Negara ini, mesti hati-hati nih! Soalnya, benda-benda seperti cincin, koin atau metal pelindung jari, seringkali dimasukan kedalam kue tart ini. Katanya, siapa yang mendapatkan loin didalam potongan kuenya, berarti dia kan menjadi orang kaya. Sementara yang dapat metal pelindung jari, katanya bakal susah buat nemuin jodohnya! Hihihi…ada-ada saja ya. Dan di zaman modern seperti sekarang, ternyata tradisi ini masih banyak yang melakukannya. Tapi, benda-benda yang membahayakan keselamatan ini, diganti dengan permen atau koin bohong-bohongan. Jadi, kalau tertelan, nggak bakal membahayakan.

RUSSIA
Kalau di Negara ini, kita nggak akan menemukan kue ulang tahun penuh krim seperti yang biasa kita lihat disini, nih. Soalnya masyarakat Russia merayakan ulang tahunnya dengan menyuguhkan pie. Dan ucapan selamat ulang tahun (birthday message) biasanya diukir dipinggir (crust) pie tersebut.

JERMAN
Jumlah lilin yang dipasang diatas kue, biasanya ditambah saru buah. Sebagai tanda keberuntungan. Selain itu, orang-orang Jerman juga punya tradisi membiarkan lilin ulang tahun mereka menyala selama seharian penuh. Jadi, salah satu anggota keluarga yang berulang tahun, akan menyalakan lilin saat matahari terbit. Dan lilin-lin ini baru boleh ditiup seusai makan malam! Selain birthday cake, mereka biasanya juga menyajikan kue ulang tahun lainnya yang diberi nama Geburtstagorten. Kue yang namanya ribet ini, bentuknya berlapis-lapis dan rasanya lebih manis dari kue-kue lainnya. Tepat ditengah-tengah Geburtstagorten, diletakkan sebuag lilin besar yang menyimbolkan cahaya kehidupan ( light of life). Wah, filosofis banget, ya….

CHINA
Nah, kalau dinegeri Tirai Bambu ini, meskipun ada kue tart buat yabf berulang tahun, tapi tiap tamu yang datang nggak bakal disuguhi kue ulang tahun, melainkan mie goreng! Katanya, makanan ini disuguhkan dengan harapan agar yang berulang tahun bisa panjang umur, seperti bentuk mienya yang panjang. (dea's Blog : dari berbagai sumber)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar